Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aktivitas Gamalama Fluktuatif

Kompas.com - 05/12/2011, 17:31 WIB
Antonius Ponco A.

Penulis

AMBON, KOMPAS.com- Sejak Gunung Gamalama di Ternate, Maluku Utara, mengeluarkan abu vulkanik pada pukul 00.08 WIT, Senin (5/12/2011) dinihari, aktivitas gunung tersebut fluktuatif. Pihak Pos Pemantauan Gunung Api Gamalama belum bisa memprediksi apakah gunung akan meletus atau tidak.

"Aktivitasnya fluktuatif. Senin siang sempat terjadi penurunan tetapi meningkat lagi pada sore hari. Sore hari ini, gempa tremor terus-menerus terjadi dengan amplitudo maksimum 45 milimeter, dan abu vulkanik pun masih menyembur. Ketinggiannya sekitar 1.000 meter," kata Kepala Pos Pemantauan Gunung Api Gamalama Darno Lamane, yang dihubungi dari Ambon, Senin (5/12/2011).

Darno yang berada di Ternate mengatakan, pihaknya masih terus memantau apakah aktivitas gunung itu menunjukkan bahwa gunung bakal meletus atau justru sebaliknya. Karena belum bisa memastikan, ditambah lagi aktivitas gunung yang masih tinggi, hingga pukul 18.00 WIT, status gunung berapi tersebut masih siaga.

Status siaga merupakan level III dalam isyarat kewaspadaan gunung berapi aktif. Gunung berapi dinyatakan akan meletus jika statusnya berada di level IV atau awas.

Dengan status yang masih siaga, Darno meminta warga di daerah rawan bencana I dan rawan bencana II atau dalam radius 3,5 kilometer dari puncak gunung, untuk tetap waspada.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com