Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gereja Katedral Tak Pernah Sepi Doakan Mgr Donatus

Kompas.com - 01/12/2011, 13:32 WIB
Samuel Oktora

Penulis

ENDE, KOMPAS.com — Suasana di dalam Gereja Katedral Kristus Raja di Kabupaten Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur, tempat disemayamkan jenazah Uskup Emeritus Keuskupan Agung Ende Monsinyur Donatus Djagom SVD, tak pernah sepi.

Umat selalu berdatangan silih berganti sejak jenazah Monsinyur Donatus disemayamkan di Katedral pada Rabu (30/11/2011) kemarin. Sebagaimana suasana siang ini, Kamis (1/12/2011), tempat duduk dalam gereja penuh dengan umat yang datang berdoa dan memberikan penghormatan terakhir.

Pintu gereja selalu dibuka sehingga setiap saat umat dapat datang untuk memanjatkan doa dan memberikan penghormatan terakhir.

"Bagi saya Monsinyur Donatus bukan saja sebagai seorang gembala, tapi juga bapak keluarga bagi umat Katolik. Saya ingat waktu masih duduk di kelas III SMP, tahun 1975, Monsinyur Donatus yang memberikan sakramen Krisma untuk saya," kata Ny Agatha Emeliana, guru SD Katolik St Theresia Ende 3, Kamis, yang turut datang ke Gereja Katedral untuk memberikan penghormatan terakhir bagi Monsinyur Donatus.

Karya pengabdian Monsinyur Donatus sebagai Uskup di Keuskupan Agung Ende sangat panjang, dan juga yang paling lama menjabat, yakni selama 27 tahun (1969-1996). Maka tak heran ia begitu dikenal dan dicintai umat. Keuskupan Agung Ende di masa Monsinyur Donatus memimpin umat Katolik meliputi Kabupaten Ngada, Ende, dan Maumere, yang sekarang Ngada sudah dimekarkan dengan Kabupaten Nagakeo, dan Maumere pada tahun 2006 sudah menjadi keuskupan tersendiri.

"Beliau memang sosok yang sangat dicintai oleh umat sebab beliau dulu rajin mengunjungi umat sampai ke akar rumput," kata Uskup Agung Ende Mgr Vincentius Sensi Potokota.

Monsinyur Donatus wafat pada usia 92 tahun di Ende, Selasa (29/11) lalu pukul 13.00 Wita. Direncanakan jenazah Monsinyur Donatus akan dimakamkan di Pekuburan Uskup dan Imam Ndona, yakni di lingkungan Istana Keuskupan Ndona, Jumat (2/12). Upacara pemakaman akan dilaksanakan pukul 10.00 Wita, yang diawali dengan Misa Requiem di Gereja Katedral Ende pukul 08.00.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com