Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hutan Produksi Dijadikan Areal Kebun Sawit

Kompas.com - 24/11/2011, 12:40 WIB
Agustinus Handoko

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com Sebagian lahan sebuah perkebunan kelapa sawit di Kecamatan Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat, dilaporkan masuk ke kawasan hutan produksi. Hasil pemeriksaan khusus Direktorat Jenderal Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam Kementerian Kehutanan (Ditjen PHKA Kementerian Kehutanan) sangat diperlukan instansi di Kalimantan Barat untuk mengambil sikap.

Kepala Dinas Perkebunan Kalimantan Barat Hiarsolih Buchori, Kamis (24/11/2011), mengatakan, perkebunan itu teridentifikasi milik PT Ledo Lestari. "Saya masih menunggu hasil pemeriksaan khusus dari Ditjen PHKA Kementerian Kehutanan. Sampai sekarang hasil pemeriksaan khusus itu belum sampai ke dinas," ujar Hiarsolih.

Hiarsolih mengaku heran dengan masuknya sebagian perkebunan kelapa sawit itu ke kawasan hutan produksi. "Izin lokasi itu hanya memberikan data umum. Kalau di dalam izin itu ada kawasan budidaya, hutan produksi, konservasi, atau hutan adat, semestinya langsung dikecualikan dari pengerjaan. Namun, ini tidak," kata Hiarsolih.

Perwakilan PT Ledo Lestari dalam rapat dengar pendapat di Komisi B DPRD Kalimantan Barat pekan lalu mengatakan, adanya hutan produksi di wilayah izin lokasinya baru diketahui setelah ada telaah dari Balai Pemantapan Kawasan Hutan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com