Harga Pala dan Cengkeh Terpengaruh Krisis Eropa

Kompas.com - 18/11/2011, 14:10 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

AMBON, KOMPAS.com — Harga jual pala, bunga pala, dan cengkeh di Maluku terus menurun sejak tiga pekan terakhir. Penurunan harga diduga dipicu berkurangnya pembeli dari sejumlah negara di Eropa sebagai imbas krisis ekonomi yang terjadi di kawasan tersebut.

Samuel, pemilik UD Sama Rasa, perusahaan yang bergerak di bidang jual beli hasil bumi di Ambon, Maluku, Jumat (18/11/2011), mengatakan, sejak tiga pekan terakhir, harga pala dan bunga pala terus menurun. Harga pala yang sebelumnya Rp 135.000 per kilogram (kg), sekarang turun menjadi Rp 120.000 per kg. Begitu pula harga bunga pala (fuli) yang sebelumnya bisa mencapai Rp 225.000 per kg turun menjadi sekitar Rp 170.000 per kg.

Penurunan harga pala dan bunga pala diduga dipicu berkurangnya pembeli dari sejumlah negeri di Eropa sebagai imbas krisis ekonomi yang terjadi di kawasan tersebut. Pala dan bunga pala yang dihasilkan di sejumlah daerah di Maluku kebanyakan diekspor ke negara-negara di Eropa melalui Surabaya.

Selain pala, harga cengkeh pun terkena imbas dari krisis yang terjadi di Eropa. Harga cengkeh yang sebelumnya bisa mencapai Rp 160.000 per kg turun menjadi tinggal Rp 120.000 per kg. Penurunan harga pun terjadi sejak sekitar dua pekan lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.