Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Istri dan Anak-anak Kami Stres

Kompas.com - 15/11/2011, 17:48 WIB
Neli Triana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com Banjir kembali merendam Kampung Pulo, Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan, Senin (14/11/2011) hingga Selasa sore ini.

"Tadi malam sampai dini hari tadi, 2 meter lagi lho tinggi air di sini," kata Ketua RT 11/ RW 03 Sugiyono.

Beberapa warga setempat mengeluhkan banjir yang datang dan pergi sehingga membuat lingkungan mereka selalu basah dan lembab. Saat air mengering dan warga berlomba membersihkan rumahnya, tiba-tiba sore harinya meskipun Jakarta tidak hujan, banjir datang lagi.

"Warga yang perempuan, seperti istri sama anak-anak, paling stres. Mereka kan yang paling banyak berada di rumah sementara kita kerja. Sekarang kerja kita pun terganggu," kata warga lain menimpali.

Sardi (60), warga setempat yang mengaku telah tinggal sejak 1983 di Kampung Pulo, mengatakan, banjir yang melanda Kampung Pulo sejak Maret 2011 sampai sekarang membuat warga gampang sakit. "Malah sudah ada yang meninggal," katanya.

Senin kemarin seorang perempuan warga Kampung Pulo meninggal dan terpaksa jasadnya disemayamkan di tempat lain karena rumahnya terendam sebelum dimakamkan.

Menurut informasi dari warga, dia lebih dari sepekan dirawat di RS Fatmawati sebelum akhirnya meninggal.

"Kami mau kondisi sungai dikembalikan seperti sebelum marinir membangun gorong-gorong. Setelah itu, kalau ada rencana penataan lagi, mari dibicarakan dulu bersama-sama warga. Waduk yang dijanjikan pemprov itu jelas tidak akan membantu kurangi banjir, kalau sungai ini tidak dikeruk lumpur dan sampahnya," kata Sugiyono.

Saat ini, bantuan makanan siap santap dan obat-obatan sudah kembali mengalir ke Kampung Pulo setelah beberapa hari terakhir terhenti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com