Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satgas Amole di Freeport Dirotasi

Kompas.com - 03/11/2011, 08:31 WIB
Antonius Ponco A.

Penulis

TIMIKA,KOMPAS.com- Sebanyak 735 personil TNI/Polri yang tergabung dalam Satuan Tugas Amole, satuan tugas gabungan yang khusus menjaga areal PT Freeport Indonesia di Timika, Kabupaten Mimika, Papua, diganti, Kamis (3/11/2011) pagi.

Penggantian merupakan rotasi rutin yang dilakukan setiap empat bulan sekali. Selain personil, Komandan Satuan Tugas Amole pun diganti dari Ajun Komisaris Besar Reeza oleh Ajun Komisaris Besar Alexander Louw.

Alexander sebelumnya menjabat sebagai Kepala Sub Direktorat Wakil Profesi Bidang Profesi dan Pengamanan Kepolisian Daerah Papua.

Penggantian komandan satuan tugas dan personil satuan tugas ini dilakukan oleh Kepala Kepolisian Resor Mimika Ajun Komisaris Besar Deny Edward Siregar di hanggar Bandara Mozes Kilangin, Timika, sekitar pukul 07.30 WIT.

Kapolres yang membacakan arahan dari Kepala Kepolisian Daerah Papua Inspektur Jenderal BL Tobing meminta agar personil satuan tugas melaksanakan tiga tugas selama bertugas di areal PT Freeport yang merupakan obyek vital nasional. Yakni melindungi karyawan dan masyarakat di sekitar areal tambang, melindungi kegiatan operasional perusahaan beserta asetnya, dan melaksanakan pengamanan terpadu bekerja sama dengan personil TNI dan satuan pengamanan PT Freeport.

Ditemui seusai acara, Deny Edward mengatakan, penggantian personil dalam Satgas Amole merupakan rotasi rutin yang digelar setiap empat bulan sekali. Dia membantah jika penggantian terkait seringnya terjadi penembakan di areal Freeport dan berhembusnya berita bahwa personil polisi memperoleh uang dari Freeport.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com