Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DPRD Dukung Proteksi Ekonomi Marind

Kompas.com - 29/09/2011, 09:28 WIB

MERAUKE, KOMPAS.com — DPRD Merauke mendukung penuh keinginan Bupati Romanus untuk melakukan kebijakan proteksi ekonomi rakyat bagi warga suku Marind, yang merupakan warga asli yang tinggal di kabupaten itu. Proteksi diharapkan dapat melindungi sumber-sumber ekonomi warga Marind sehingga mereka tidak semakin terpinggirkan.

Anggota DPRD Merauke, Antonius Isaak Layan, menyatakan, dukungan itu perlu karena selama ini terjadi kesenjangan ekonomi yang mencolok antara warga asli dan para pendatang.

Ia mencontohkan, nelayan suku Marind selama ini menjaring ikan memakai cara dan alat tradisional sehingga tidak mampu bersaing dengan nelayan-nelayan yang memakai perahu motor dan jaring besar. "Proteksi ini diperlukan agar mereka tidak terpuruk," katanya di Merauke, Papua, Kamis (29/9/2011).

Isaak mengatakan, DPRD akan segera mendiskusikan secara internal lontaran gagasan Bupati Merauke itu karena memang diperlukan. Selanjutnya, diharapkan Pemkab juga serius dengan segera menyusun rancangan peraturan daerah proteksi warga Marind.

Ia mengatakan perlu mengundang sejumah pihak untuk membahas hal itu. "Kami mengharapkan draf raperda itu dari eksekutif," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com