Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Salah Satu Korban KM Kirana adalah Warga Kutai

Kompas.com - 29/09/2011, 04:39 WIB

SAMARINDA, KOMPAS.com — Sumarni (53), salah satu dari delapan korban tewas KM Kirana IX yang terbakar di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur, pada Rabu (28/9/2011), merupakan warga Kota Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

"Ibu saya salah satu korban tewas terbakarnya KM Kirana IX di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya tadi pagi," kata Ita (33), salah satu anak korban dari Tenggarong itu di Tenggarong, Rabu.

Kepastian itu disampaikan Ita, warga Jalan Imam Bonjol RT 03 No 59 Kelurahan Melayu, Tenggarong.

Berita duka tersebut, kata Ita, diterima melalui telepon dari ayah tirinya, Misran, yang saat itu ikut menjadi penumpang KM Kirana IX.

"Tadi pagi saya ditelepon bapak, katanya ibu ikut jadi korban kebakaran KM Kirana IX. Saya sempat shock, namun saya segera menyampaikan berita duka tersebut kepada seluruh keluarga di sini," ungkap Ita.

Sumarni, kata Ita, meninggal akibat terinjak-injak saat para penumpang panik akibat terjadi kebakaran.

"Kata bapak, sebelum kejadian, dia masih sempat bersama ibu. Namun, saat terjadi kebakaran dari bagian bawah kapal, bapak dan ibu langsung terpisah akibat para penumpang panik dan berlarian menyelamatkan diri. Bapak baru tahu setelah ibu ditemukan sudah meninggal, kemudian langsung menghubungi saya," kata Ita.

"Sebenarnya kata bapak, kapal itu seharusnya berangkat pada Selasa (27/9/2011) malam, namun karena masih ada penumpang yang belum datang sehingga keberangkatan KM Kirana IX ditunda hingga Rabu pagi," ungkap Ita.

Sumarni yang memiliki tiga anak dan tiga cucu tersebut, kata Ita, berangkat bersama Misran dengan menggunakan pesawat terbang 10 hari lalu.

"Sekitar 10 hari yang lalu bapak dan ibu berangkat ke Surabaya untuk bersilaturahmi dengan keluarga. Namun, saat pulang, mereka ingin menggunakan kapal laut," katanya.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com