Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uji Emisi Gratis Kendaraan Pribadi di Lima Kota

Kompas.com - 20/09/2011, 12:44 WIB

SOLO, KOMPAS.com — Kementerian Lingkungan Hidup pekan ini menggelar uji emisi gratis terhadap kendaraan pribadi roda empat, baik yang berbahan bakar premium maupun solar. Uji digelar serentak di Solo, Malang, Samarinda, Pekanbaru, dan Balikpapan. Kegiatan ini bagian dari uji emisi gratis di 26 kota metro dan kota besar di Indonesia yang dilaksanakan selama tahun 2011.

"Kegiatan ini untuk pelaksanaan evaluasi kualitas udara perkotaan," kata Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran Udara Sumber Bergerak Kementerian Lingkungan Hidup M Didin Khaerudin, Selasa (20/9/2011).

Uji untuk mengetahui kadar hidrokarbon (HC) dan karbonmonoksida (CO) pada kendaraan dengan bahan bakar premium serta kadar opasitas (kepekatan asap) pada kendaraan berbahan bakar solar.

"Hasil sementara, pada kendaraan dengan bensin, yang tidak lulus 50:50 dengan yang lulus, sedangkan pada kendaraan dengan solar lebih banyak yang tidak lulus. Kebanyakan karena perawatan kendaraan yang kurang baik," papar Didin.

Di Solo, uji emisi digelar pada 20-22 September, berturut-turut di Jalan Bhayangkara, kawasan Stadion Manahan, dan Jalan Slamet Riyadi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com