Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Tol Semarang-Ungaran Diblokade

Kompas.com - 16/09/2011, 13:32 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com- Hingga Jumat (16/9/2011) siang ini, para subkontraktor rekanan PT Istaka Karya, memblokade tol Semarang-Solo ruas Semarang-Ungaran karena uang belum juga dibayarkan. Mereka mengerahkan 30 unit truk, menimbun ruas jalan dengan tanah urug, dan menanaminya dengan pohon pisang.

Aksi yang dilakukan mulai Kamis kemarin itu merupakan tuntutan mereka atas pembayaran kontrak senilai total Rp 47 miliar kepada 32 subkontraktor. Seharusnya hal itu merupakan kewajiban PT Istaka Karya. Berhubung perusahaan itu telah dinyatakan pailit, maka para subkontraktor menagih PT Trans Marga Jateng (PT TMJ) selaku pelaksana proyek Tol Semarang-Solo.

Sebelum Lebaran, ada 55 subkontraktor yang menuntut pembayaran dan mengancam akan memblokade tol jika tidak mendapat hak mereka. Pada H-7, uang kontrak sebagian subkontraktor pun dibayar oleh PT TMJ.

Namun, masih ada sisa subkontraktor yang belum dibayar. Mereka meminta PT TMJ segera memenuhi kewajibannya. Koordinator aksi, Agung Nugroho, mengatakan, aksi akan terus berlanjut hingga PT TMJ melunasi pembayaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com