Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cipularang Mulai Padat

Kompas.com - 03/09/2011, 11:36 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com — Ruas Tol Cipularang dari arah Bandung menuju Jakarta, Sabtu (3/9/2011) siang, mulai dipadati oleh kendaraan-kendaraan pemudik, dengan kecepatan yang diperkirakan antara 60-80 kilometer per jam. Arus balik tampaknya segera mencapai puncaknya.

Sementara itu, di arah sebaliknya, perjalanan menuju Bandung juga padat meskipun masih lancar. Perjalanan dari Jakarta pukul 08.30, misalnya, bisa tiba di Gerbang Tol Pasteur pukul 10.30 atau hanya dua jam, seperti biasanya. Kecepatan rata-rata antara 100 dan 120 kilometer per jam.

Supaya perjalanan tetap lancar, berdasarkan pengamatan Kompas, sebaiknya bus tetap di lajur kiri agar tidak menghalangi kendaraan lain. Untuk angkutan truk, Sabtu siang ini, jenis kendaraan itu masih dapat dihitung dengan jari di ruas Tol Cikampek dan Tol Cipularang sehingga seharusnya tak menimbulkan hambatan.

Masih berdasarkan pengamatan, sebaiknya kendaraan jenis multi purpose vehicle (MPV) dengan kapasitas mesin 1.300-1.500 cc juga harus lebih sering di lajur kiri. Pertama, hal itu menghambat kendaraan MPV dengan mesin lebih besar. Kedua, kondisi bahwa MPV dengan kapasitas mesin kecil menguasai lajur kanan memicu sikap pengendara sedan untuk menyalip dari bahu jalan. Hal itu sangat membahayakan keselamatan pengguna jalan tol lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com