Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ayo Mudik dengan Kereta Ekonomi

Kompas.com - 19/08/2011, 21:53 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com — Menghadapi arus mudik Lebaran 2011, PT Kereta Api Indonesia membuat terobosan dengan memulai layanan pemesanan tiket untuk kereta kelas ekonomi yang bisa dilakukan tujuh hari sebelum keberangkatan. Artinya, Jumat (19/8/2011) ini kita sudah bisa memesan tiket untuk H-5 Lebaran.

Hal tersebut diutarakan Bambang S Prayitno dari Humas PT KA Daerah Operasi 2, Jumat. Pemesanan sudah bisa dilakukan di stasiun-stasiun keberangkatan, seperti Stasiun Purwakarta, Cimahi, ataupun Kiaracondong. Pemesanan tiket ini juga berfungsi membatasi jumlah penumpang untuk naik ke atas kereta.

"Untuk tahun ini, setiap kereta hanya diperkenankan mengangkut penumpang sebanyak 150 persen dari tempat duduk. Tahun lalu tidak terkendali bisa mencapai 200 persen lebih sehingga berdesakan," ujarnya.

Untuk kereta api yang melintasi Daop 2, ada tiga jurusan, yakni kereta Kahuripan dari Padalarang-Kediri, kereta Pasundan dari Kiaracondong-Surabaya, dan Kutojaya Selatan dari Kiaracondong ke Kutoarjo. Pemesanan tiket ini tidak berarti harganya naik, Kahuripan dijual dengan harga Rp 35.000, Pasundan Rp 38.000, dan Kutojaya Selatan Rp 20.000.

Bambang menuturkan, pihaknya akan memastikan bahwa kereta ekonomi tidak lagi berjejalan seperti tahun-tahun sebelumnya. Diawali dengan pembatasan kapasitas angkut hingga mekanisme di stasiun. Nantinya hanya orang yang membawa tiket kereta yang diperkenankan masuk ke peron stasiun sehingga mirip bandara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com