Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lapak Bermunculan di Jalur Pantura

Kompas.com - 19/08/2011, 14:14 WIB

BREBES, KOMPAS.com - Lapak-lapak semi permanen mulai bermunculan di jalur pantura Kabupaten Brebes dan Pemalang, Jawa Tengah, seperti terlihat Jumat (19/8/2011).

Lapak-lapak di jalur pantura Pemalang, seperti terlihat di jalur lingkar utara Pemalang, sedangkan di Brebes terlihat di jalur pantura Kecamatan Wanasari.

Deretan lapak berbahan kayu dan anyaman bambu mulai dibangun oleh para pemiliknya. Kebanyakan, lapak-lapak itu akan digunakan untuk berjualan makanan dan minuman, serta untuk berjualan oleh-oleh.

Di Brebes, misalnya, para pedagang mulai membangun lapak semi permanen untuk berjualan telur asin dan bawang merah. Kedua jenis barang tersebut merupakan oleh-oleh khas Brebes yang banyak diburu para pemudik.

Bahkan, saat ini permintaan telur asin sudah meningkat hampir dua kali lipat, seperti disampaikan Slamet (45), pedagang dan pemasok telur asin di Kecamatan Brebes.

Selama ini, selain menjual sendiri telur asin di kiosnya di Jalan Sunan Gunung Jati, Brebes, ia juga memasok telur asin ke sejumlah toko lainnya. Sebelumnya, penjualan telur asin sekitar 3.000 hingga 4.000 butir per hari, tetapi saat ini mencapai 6.000 butir per hari.

"Nanti, ramai-ramainya pada H-7 hingga H+7," kata pedagang yang mengaku sudah menyiapkan stok telur asin hingga lima kali lipat dibandingkan dengan hari-hari biasa tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com