Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Debit Air Sungai Oenitu Tetap Tinggi

Kompas.com - 16/08/2011, 16:56 WIB

KUPANG, KOMPAS.com - Berbeda dengan alur sungai lain di Kupang dan sekitarnya yang surut bahkan mengering menyusul kemarau, air tetap mengalir deras di Sungai Oenitu.

Hingga Selasa (16/8/2011) air Oenitu tetap berdebit tinggi dan tetap mampu mengairi puluhan hektar sawah di sekitarnya.

Sungai Oenitu berhulu di Desa Mata Air Oenitu, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang di Pulau Timor, Nusa Tenggara Timur. Posisinya sekitar 20 km sebelah timur Kota Kupang.

"Sungai Oenitu ini airnya tetap mengalir deras meski sudah di puncak kemarau. Khusus di Kupang dan sekitarnya, barangkali hanya sawah di sekitar sungai ini yang bisa diolah dua kali dalam setahun," tutur Natu Tunbeis (24), ketika sedang membersihkan rumput di antara tanaman padi sawahnya di tepi Oenitu, Selasa petang.

Petani yang masih bujangan asal Desa Baumata Timur (desa tetangga) itu mengakui, tanaman padinya yang kini berusia dua bulan, adalah usaha tahap dua atau memasuki kemarau tahun ini. "Nanti panennya sekitar Oktober," jelasnya.

Di titik lain hamparan sawah yang ,sama petani Alis Opheten (42) menyemprot obatan mematikan hama pengganggu tanaman padinya. "Sudah mulai kelihatan hama keong dan sejenis ulat menyerang tanaman padi. Kalau sudah begini harus disemprot cepat agar serang hama tidak meluas," tambahnya.

Kedua petani mengakui Oenitu tidak hanya menjadi andalan sawah serta sumber air bagi warga sekitarnya. Alur sungai itu juga menjadi sumber lauk di rumah, karena hidup berbagai biota air tawar seperti ikan, belut, katak, kepiting hingga siput.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com