Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Lebaran Harga di Jawa Barat Aman

Kompas.com - 15/08/2011, 15:49 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com- Dua minggu menjelang hari raya Idul Fitri, harga kebutuhan pokok di Jawa Barat dipastikan tidak melonjak. Hingga Senin (15/8/2011), harganya kembali seperti sebelum Ramadhan.

Hal itu diutarakan pengurus Forum Koordinasi Pengendalian Inflasi Jawa Barat dalam jumpa pers di gudang beras Gedebage, Bandung, Senin. Dewan Pengarah FKPI Jabar, Lucky Fathul Aziz Hadibrata menyatakan, angka inflasi per Juli year on year mencapai 3,7 persen yang lebih rendah dari angka 4,6 persen nasional. Begitu pula dengan year to date januari sampe Juli 1,22 persen sementara angka nasional mencapai 1,74 persen.

"Harga-harga bisa ditekan berkat stok kebutuhan yang melimpah, sehingga kami memperkirakan inflasi pada Agustus ini hanya 1 persen," kata Lucky.

Menurut survei yang dilakukan 12 Agustus, harga kebutuhan pokok relatif stabil seperti beras pada Rp 8.495 per kilogram, minyak goreng Rp 12.399 per liter, dan cabe merah seharga Rp 13.217 per kilogram. Komoditas lain seperti daging dan telur relatif naik tapi tidak terlalu curam seperti daging sapi hingga Rp 77.842 per kilogram, telur ayam seharga Rp 15.433 per kilogram.

"Harga untuk komoditas seperti tomat, wortel, dan ikan mas masih stabil," kata Lucky.

Lucky mengharapkan agar masyarakat tidak panik karena stok yang tersedia masih melimpah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com