Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masyarakat Serap Rp 20 Triliun

Kompas.com - 15/08/2011, 14:46 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama kurun waktu dua pekan terakhir, masyarakat telah menyerap Rp 20 triliun pada penukaran uang yang dilaksanakan Bank Indonesia di seluruh Indonesia.

Secara keseluruhan, BI menyiapkan Rp 61 triliun untuk penukaran uang menghadapi Hari Raya Idul Fitri. Deputi Gubernur BI Ardhayadi mengemukakan hal itu saat mengunjungi titik penukaran uang di lapangan parkir IRTI, Monas, Jakarta, Senin (15/8/2011).

"Kami sudah menyalurkan sekitar 91 persen dari Rp 60 triliun itu ke seluruh Indonesia. Yang diserap masyarakat sekitar Rp 20 triliun," ujar Ardhayadi.

Penukaran uang diselenggarakan BI,bekerja sama dengan sejumlah bank. Di lapangan parkir IRTI, mobil Bank BNI, Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BTN, Bank DKI, dan Bank Jabar Banten melayani penukaran uang dengan batas maksimum pada kisaran Rp 2 juta hingga Rp 3 juta.

Adapun mobil penukaran uang BI melayani hingga Rp 20 juta. Dewi Astuti dari Bank BRI menyebutkan, minat masyarakat umumnya pada pecahan kertas Rp 1.000-an. "Kalau siang sudah habis yang seribuan. Jadi ada yang ganti ke Rp 2.000-an," kata Dewi.

Ahmad yang ditemui Kompas.com terpaksa hanya menukarkan Rp 400.000 menjadi pecahan kertas Rp 2.000 dan Rp 5.000. "Masih ada Rp 100.000,nih. Tadinya mau tukar ke Rp 1.000-an,tapi habis," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com