Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alokasi Dana Kekeringan di Banyumas Mini

Kompas.com - 08/08/2011, 11:56 WIB

BANYUMAS, KOMPAS.com -  Alokasi anggaran Pemerintah Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, dalam mengantisipasi kekeringan tahun ini sangat minim. Selama musim kemarau ini, hanya disediakan sekitar Rp 25 juta untuk pengadaan air bersih masyarakat. 

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Banyumas, Khaerul Zubair, Senin (8/8/2011) mengakui, anggaran bantuan kekeringan tahun ini memang minim yakni hanya Rp 25 juta. Dana itu termasuk dalam pagu anggaran bantuan yang mencapai Rp 70 juta.

"Namun, untuk menyiasatinya, kami telah menyiapkan langkah-langkah pemanfaatan dana supaya lebih efektif dan tepat sasaran," ujarnya.  

 

Khaerul meyakini, dana tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat. Pihaknya juga telah menjalin kerjasama dengan instansi terkait misalnya Badan Koordinasi Wilayah yang akan memberikan truk tangki pengangkut air secara gratis. Hingga saat ini belum ada desa yang mengajukanbantuan air bersih.

"Kami menyarankan warga memberi laporan tertulis agar tertib adminsitrasi. Selain itu, kami akan fokus di daerah yang benar-benar membutuhkan. Kami berharap warga tidak hanya meminta bantuan lewat telepon karena terkesan tidak etis dan tidak dapat dipertanggungjawabkan. Sebab bisa saja hal itu perbuatan orang iseng," kata Khaerul.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com