Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tantowi: Kebut E-KTP Sebelum Pilgub

Kompas.com - 04/08/2011, 20:47 WIB
Nurul Hidayat

Penulis

JAKARTA-KOMPAS.com — Anggota Komisi I DPR RI, Tantowi Yahya, berharap Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bisa segera menerapkan pembuatan kartu tanda penduduk elektronik. Kartu ini akan bermanfaat saat digelarnya pemilihan umum kepala daerah.

"Kalau ada e-KTP, nantinya akan ada satu nomor dan satu suara yang sudah mengacu pada negara-negara lain yang terkait dengan hak suara. Kalau e-KTP bisa dijalankan, banyak sekali manfaatnya, saya rasa juga suara-suara gelap akan bisa dieliminasi," kata Tantowi dalam acara diskusi dan buka puasa bersama di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (4/8/2011) petang.

Tantowi yang disebut-sebut akan menjadi salah satu calon gubernur DKI Jakarta mengatakan bahwa Jakarta harus segera menyiapkan sistem e-KTP, termasuk alat-alat penunjangnya. Dengan demikian, kartu digital ini nantinya bisa digunakan pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta pada 2012.

"Jadi harus dipersiapkan segera mungkin. Sudah biasa, kalau sistemnya siap, alatnya tidak siap. Tidak ada kata tidak bisa, harus segera," ujarnya.

Kementerian Dalam Negeri kini tengah menyiapkan perangkat pembuatan e-KTP dan akan diterapkan di beberapa kota pada 2012. Jakarta termasuk salah satu kota yang akan menerapkan sistem baru administrasi kependudukan tersebut dan diharapkan bisa dilakukan mulai tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com