Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Marapi Semburkan Abu Vulkanik

Kompas.com - 03/08/2011, 16:39 WIB

PADANG, KOMPAS.com — Sejak Rabu (3/8/2011) pagi, aktivitas Gunung Marapi terus meningkat. Gunung yang terletak di kawasan Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Agam, Sumatera Barat, ini telah menyemburkan hujan abu sebanyak 8 kali.

Manager Pusat Pengendali Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) Sumatera Barat Ade Edwar menyebutkan, semburan debu gunung dengan tinggi 2.891 meter di atas permukaan laut (dpl) itu menyebar hingga radius 25 kilometer dari puncak.

"Hingga saat ini beberapa kawasan di kaki gunung, seperti Batusangkar, Koto Baru, Bukittinggi, dan Padang Panjang, tertutupi debu berbau balerang. Ketebalannya 1 sentimeter," ujar Ade.

Ia mengatakan, semburannya juga sampai ke Kabupaten Padang Pariaman yang berjarak 25 kilometer dari pusat semburan. Semburan itu, menurut Pusdalops PB Sumatera Barat, diakibatkan meningkatnya aktivitas patahan Sumatera sejak awal tahun ini.

"Kami mengimbau agar masyarakat yang tinggal di kaki gunung tetap waspada dan siaga selalu. Kami akan mempersiapkan masker untuk warga setempat," ujarnya.

Hanif (28), warga yang tinggal di kaki gunung, tepatnya di kawasan Tanah Datar, mengaku, hujan debu dengan tebal 1 sentimeter menutupi daerahnya. "Itu terjadi sejak pagi tadi," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com