Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjara Taiwan Berubah Jadi Museum

Kompas.com - 29/07/2011, 17:52 WIB

TAIPEI, KOMPAS.com - Penjara lama di Chiayi yang dibangun hampir 100 tahun lalu, bersama dengan penjara Abashiri di Hokkaido Jepang, saat ini merupakan penjara yang mempunyai gaya arsitektur Pennsylvania.

Departemen Dalam Negeri Taiwan pada tahun 2005 mengumumkan penjara ini sebagai bangunan bersejarah nasional. Setelah renovasi lebih dari dua tahun diperkirakan akan selesai pada awal September tahun 2011.

Departeman Kehakiman Taiwan sedang merencanakan sebuah "Museum penjara" Taiwan yang pertama untuk memamerkan artefak yang terkait dan rencana akan diresmikan pada akhir September 2011, di masa depan Museum tersebut akan menjadi tujuan wisata penting di selatan Taiwan bagi wisatawan daratan China.

 Beberapa tahun lalu organisasi pemuda pernah meminjam penjara lama Chiayi untuk menyelenggarakan "camp penjara". Kegiatan ini menarik minat banyak orang muda. Mereka berbondong-bondong mendaftarkan diri untuk menjajal bagaimana rasanya hidup di dalam penjara. Hidup terkekang dalam ruangan kurang dari 8 meter persegi dengan perlengkapan minim.

Selain toilet dan lampu kecil,tidak ada pelengkapan lainnya. Jika tidur di sini semalam saja, dijamin akan membuat Anda sangat memahami betapa berharganya kebebasan sehingga Anda tidak berani membuat hal yang buruk.

Sipir penjara Chiayi Chen Jinfeng dengan bangga mengatakan "Penjara lama Chiayi adalah satu satunya penjara yang tersisa dibangun pada era kolonial Jepang, usianya hampir seratus tahun."

Banyak film Taiwan seperti "Kenangan Masa Kecil" atau film seri "Taiwan Lily"pernah dibuat di sini. Bahkan stasiun TV Selat Fujian saat membuat film dokumenter "Singgah ke Taiwan" juga pernah mengambil penjara ini sebagai latar belakang pengambilan gambar.

Penjara lama Chiayi dibangun pada zaman kolonial Jepang tahun 1919. Penjara ini selesai dibangun dan langsung digunakan pada tahun 1922. Awalnya penjara ini dikenal sebagai "Lembaga Urusan Kriminal Tainan cabang Chiayi ".

Setelah pemerintah Nasional pindah ke Taiwan, berganti nama menjadi "Penjara Chiayi Taiwan". Pada masa yang sama juga membangun penjara Taipei,Taichung,Tainan. Tahun 1994 penjara baru yang terletak di Lucao kabupaten Chiayi selesai dibangun dan resmi digunakan, maka penjara lama di dalam kota ini menjadi tidak berfungsi lagi.

Karena penjara Chiayi mempunyai arti sejarah yang penting ,awalnya pemerintah kota Chiayi berencana membangun ruang konferensi Internasional,para sejarawan dan penulis daerah Chiayi bersama pegawai penjara lama Chiayi membentuk "Kelompok Pemelihara Penjara Lama Chiayi".

Lalu pemeritintah disarankan untuk mempertahankan penjara itu dan menjadikannya sebagai museum penjara. Tahun 2002 pemerintah kota Chiayi menetapkan sebagai bangunan bersejarah kota Chiayi. Tiga tahun kemudian departemen dalam negeri mengumumkannya sebagai bangunan bersejarah nasional. (JOE)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com