Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Minyak Goreng & Gula Pasir Melejit

Kompas.com - 19/07/2011, 17:49 WIB

MADIUN, KOMPAS.com - Tidak hanya beras, telur dan daging ayam yang mengalami kenaikan harga. Bahan pokok produksi pabrik seperti minyak goreng dan gula pasir juga mengalami kenaikan harga yang cukup tinggi memasuki sebelas hari menjelang puasa.

Kenaikan harga ini bahkan diklaim sebagai yang paling menonjol selama bulan Juni 2011. Alasannya, pada minggu pertama dan kedua Juni lalu, harga kedua komoditas pabrikan itu paling relatif stabil dibandingkan dengan harga bahan pokok lainnya seperti beras, telur dan daging ayam.

Pantauan di sejumlah pasar tradisional di Madiun, Selasa (19/7/2011), diantaranya Pasar Besar Caruban di Kecamatan Mejayan, Pasar Dolopo dan Pasar Besar Kota Madiun menunjukkan harga minyak goreng curah naik dari Rp 8.900 per liter menjadi Rp 9.250 per liter.

Sedangkan harga gula pasir naik menjadi Rp 9.200 per kilogram (kg) dari sebelumnya Rp 8.800 per kg. Sejumlah pedagang yang ditemui mengatakan kenaikan harga minyak goreng curah sebesar Rp 350 per liter dan kenaikan harga gula sebesar Rp 400 per kg itu baru terjadi pada minggu ketiga Juni.

Pernyataan pedagang itu dikuatkan oleh petugas lapangan Sudarno yang mewakili Kepala Bidang Perdagangan dan Metrologi Legal Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Madiun Agus Trisilo. Hasil survei rutin mingguan menunjukkan kenaikan harga minyak goreng dan gula pasir perlu dicermati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com