Nenek Mensi Melahirkan 21 Kali

Kompas.com - 19/07/2011, 11:58 WIB
EditorKistyarini

MANGALDAN, KOMPAS.com — Kalau ada hukuman buat pelanggar program keluarga berencana, bisa jadi Mensita Edano Cera bakal dipenjara lama. Pasalnya, perempuan 56 tahun itu sudah 21 kali melahirkan.

Nana Mensi, begitu tetangga-tetangganya di Pangasinan, Filipina, biasa memanggilnya, melahirkan ke-21 anaknya dalam kondisi sehat. Namun, lima di antaranya meninggal karena kecelakaan atau sakit.

"Saya bisa terus melahirkan kalau tidak harus mengalami menopause," kata ibu yang kemudian mengadopsi lima anak lagi itu.

Cera tinggal di Desa Barangay Guilig, dengan suaminya Emilio (59) dan dua anak termudanya yang berusia 17 tahun dan 14 tahun di sebuah rumah sederhana.

Pasangan itu menikah pada 1968, ketika itu usia Cera baru 15 tahun. Mereka sebenarnya menyadari program keluarga berencana yang dicanangkan Pemerintah Filipina dan alat kontrasepsi.

"Kami tidak pernah mencobanya. Tidak pernah tertarik," ujarnya.

"Meskipun memang sulit membesarkan sebegitu banyak anak, kami tidak menyesalinya. Tuhan sudah memberinya kepada kami dan kami membesarkannya dengan baik," kata Nana Mensi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia melahirkan pertama kali pada 1971. Putri sulungnya, Celia, kini berusia 40 tahun. Sementara si bungsu, Carl Edmund, berusia 14 tahun.

"Terus terang, sampai sekarang saya belum mengalami menopause. Jadi mungkin saya masih bisa punya anak lagi," katanya.

Dia melahirkan semua anaknya di rumah. Awalnya dengan bantuan bidan desa. Kini setelah usianya makin tua, proses kelahiran anak-anaknya dibantu dokter.

Menurut Cera, semua anaknya tumbuh dalam kondisi sehat. "Mereka jarang sakit. Meskipun mereka kelihatannya kurus, mereka sehat. Mereka makan teratur dan tidak pernah kelaparan," tegas perempuan yang mengidap diabetes itu.

Sementara itu, menurut Dr Ophelia Rivera, ibu seperti Cera rentan terhadap masalah kandungan dan penyakit jantung. Dia juga gampang mengalami gigi rontok dan tulang keropos.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.