Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Darsem Gelar Saweran di Subang

Kompas.com - 14/07/2011, 09:37 WIB

SUBANG, KOMPAS.com — Hari masih pagi, tetapi keramaian kembali mewarnai kediaman Darsem, tenaga kerja wanita (TKW) yang lolos dari hukuman pancung di Arab Saudi, di Dusun Truntum, Desa Patimban, Kecamatan Pusakanagara, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Kamis (14/7/2011).

Rumah Darsem disambangi puluhan tetangga seiring prosesi saweran yang digelar di teras rumah. Mulai dari anak kecil hingga dewasa berkumpul menanti saweran dari mangkuk plastik yang tampak dipenuhi uang logam Rp 500 dicampur beras kuning tersebut.

Para tetangga pun langsung berebutan tatkala uang disawer Darsem dan kedua orangtuanya. Darsem sendiri tampak hanya memperhatikan aktivitas yang menyedot perhatian tetangga di pagi hari tersebut.

Dawud Tawar, ayah Darsem, mengatakan, saweran merupakan kegiatan yang sudah diniatinya apabila putrinya itu kembali dengan selamat dari Arab Saudi. Bentuk rasa syukur itu pun diwujudkan seiring kepulangan Darsem ke Tanah Air pada Rabu.

"Saya memang dari awal sudah niat mau begini. Makanya sekarang dilakukan," ungkap Dawud saat ditemui seusai prosesi saweran di kediamannya, Kamis pagi.

"Jumlahnya Rp 500.000," katanya.

Saweran diawali dengan doa yang dipimpin Kamirah, sesepuh Dusun Truntum. Menurut Kamirah, saweran disebut juga kawulan.

"Dengan ini Darsem sudah enggak pernah utang dosa. Supaya jangan ditagih para dedemit. Yang sudah ya sudah. Belum terjadi ya tidak terjadi. Semoga jawabannya diterima Gusti Allah, selamat dunia akhirat," kata Kamirah kepada Tribunnews di tempat yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com