Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiket Bisa Dibeli 40 H Sebelum Berangkat

Kompas.com - 13/07/2011, 20:33 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com — Jika biasanya tiket kereta api dapat dibeli 30 hari sebelum keberangkatan, khusus untuk angkutan Lebaran, tiket dapat dibeli 40 hari sebelumnya. Pemesanan tiket untuk angkutan mudik mulai dibuka pada 16 Juli 2011.

Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasional IV Sapto Hartoyo mengungkapkan hal itu di Kota Semarang, Jawa Tengah, Rabu (13/7/2011).

Sebelumnya, pada masa Lebaran, tiket biasanya sudah habis terjual seminggu sebelum Hari Raya. Kebijakan itu, kata Sapto, berlaku di semua wilayah.

"Perpanjangan waktu untuk pembelian tiket kami lakukan agar tidak terjadi penumpukan pembelian tiket di stasiun dan tempat pemesanan," kata Sapto.

PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) juga memberlakukan harga batas atas dengan menggunakan jarak terjauh dan tarif tertinggi. Sapto memperkirakan bahwa puncak kepadatan dari Kota Semarang akan terjadi pada empat hari setelah Lebaran, dengan jumlah penumpang sekitar 26.900 orang.

Jumlah itu meningkat enam persen dibandingkan tahun lalu, yaitu 25.300 penumpang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com