Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Roro Tunggu Onderdil Datang

Kompas.com - 07/07/2011, 04:34 WIB

MERAK, KOMPAS.com — Pengusaha kapal roll on-roll off (roro) di Pelabuhan Merak, Banten, mengakui bahwa onderdil mesin yang rusak tengah dipesan di luar negeri sehingga harus menunggu sampai lima bulan.

"Onderdil mesin kapal roro yang rusak sebagian besar harus dibeli di luar negeri, seperti Jepang. Teknis pembeliannya, kami harus pesan dulu, setelah itu baru kami ambil," kata Kepala Cabang Jembatan Laut Mufidah Subagio, di Merak, Kamis (7/7/2011).

Secara terpisah, Kepala Cabang PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Utama Merak La Mane menjelaskan, kapal roro yang sedang dalam perbaikan itu bisa sampai berbulan-bulan. Akibat lamanya spare part yang diperlukan, seperti prestone dan slider, jadwal docking atau perbaikan tidak sesuai jadwal yang ditetapkan.

"Inilah yang mengakibatkan jumlah kapal roro yang beroperasi minim karena kapal yang docking terlalu lama di galangan untuk perbaikan," ujarnya.

Namun, pihaknya berharap kepada pemilik kapal agar pesanan onderdil yang rusak diantisipasi sejak jauh hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com