Deklarasi Lagaligo di Balikpapan - Kompas.com

Deklarasi Lagaligo di Balikpapan

Kompas.com - 25/06/2011, 15:25 WIB

BALIKPAPAN, KOMPAS.com -  Deklarasi dan Pengukuhan Dewan Pimpinan Daerah Brigade Lagaligo-organisasi kemasyarakatan warga perantuan asal Sulawesi Selatan-dilangsungkan Sabtu (25/6/2011) siang, di Hotel Menara Sejahtera. Aparat polisi berjaga di sekitar lokasi dan dalam hotel guna mengantisipasi kemungkinan kedatangan ormas lain yang menolak berdirinya Lagaligo.

Deklarasi dibacakan salah satu Pembina Lagaligo, Dahri Mamma. "Lagaligo bagian tak terpisahkan dari masyarakat Balikpapan dan senantiasa mengambil peran di segala bidang," ujar Dahri, di depan ratusan pendukung Lagaligo.

Sebelum deklarasi, dinyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Balikpapan, juga pembacaan Pancasila.

Sementara itu, di luar, polisi berjaga di sekitar lokasi, dipimpin langsung oleh AKBP Sabar Supriyono, Kapolres Balikpapan. Kendaraan dan simpatisan Lagaligo diperiksa sebelum masuk hotel. H asilnya, sejumlah badik pun diamankan.

Sumariah Daeng Toba, Ketua Kerukunan Keluarga Gowa Makassar (FKKGM) yang hadir di acara itu, secara terpisah mengutarakan keyakinan bahwa Lagaligo adalah ormas biasa dan tak menyinggung etnis mana pun. Sehingga, dengan kata lain, tak ada yang perlu dikhawatirkan.


EditorPepih Nugraha

Close Ads X