Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taman Pintar Buka Setiap Hari

Kompas.com - 23/06/2011, 07:12 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Tempat wisata rekreasi dan edukasi Taman Pintar Yogyakarta akan buka setiap hari selama masa libur panjang sekolah, atau sampai 17 Juli 2011. 

"Biasanya, kami tutup setiap Senin untuk melakukan perawatan alat peraga dan wahana yang ada. Namun, pada masa libur sekolah seperti saat ini, kami akan buka setiap hari dari pukul 09.00 hingga pukul 16.00 WIB," kata Kepala Kantor Pengelola Taman Pintar Ita Rustanti di Yogyakarta, Kamis (23/6/2011).      

Menurut dia, peningkatan jumlah pengunjung ke Taman Pintar yang telah menjadi ikon utama wisata di Kota Yogyakarta ini terjadi sejak 10 hari lalu yang mencapai dua kali lipat lebih, yaitu dari rata-rata 3.000 orang per hari menjadi 7.000 sampai 8.000 orang per hari.      

"Bahkan pada Selasa (21/6/2011) lalu pengunjung Taman Pintar jumlahnya mencapai sekitar 12.700 wisatawan. Sebagian besar adalah rombongan pelajar untuk mengisi liburan," katanya.      Ita memperkirakan  jumlah pengunjung mulai pekan depan meningkat, yakni bisa mencapai 13.000 orang per hari.      

Namun, pihaknya menargetkan  jumlah pengunjung stabil pada angka 7.000 hingga 8.000 orang per hari.      

Sejumlah upaya telah dilakukan untuk mengantisipasi meningkatnya jumlah pengunjung, di antaranya dengan memperbaiki alat-alat peraga agar dapat berfungsi optimal, serta menambah jumlah pemandu dari 30 orang menjadi 45 orang per hari di 215 alat peraga serta 40 wahana edukasi.      

"Bulan depan, dua anjungan tunai mandiri (ATM) yang berada di pintu masuk Taman Pintar, yaitu dari Bank Mandiri dan BRI, sudah mulai bisa dioperasikan. Ini menjadi tambahan fasilitas bagi pengunjung," katanya.      

Pada 25-27 Juni 2011 digelar ajang kreativitas yang dapat diikuti siswa sekolah, yaitu fashion show, mewarnai, dan melukis.      

"Taman Pintar tidak hanya peduli pada ilmu pengetahuan dan teknologi, tetapi juga dalam pengembangan kesenian dan budaya," katanya.      

Sementara itu, obyek wisata lain di Kota Yogyakarta, yaitu Kebun Raya Kebun Binatang (KRKB) Gembira Loka, juga telah melakukan persiapan menghadapi libur panjang sekolah dengan meluncurkan wahana baru, yakni Perahu Katamaran.      

Perahu itu dioperasikan mengelilingi Mayang Tirta di kompleks KRKB Gembira Loka dengan harga tiket Rp10.000 per orang.      

Selain Perahu Katamaran, KRKB Gembira Loka juga menyajikan beberapa permainan air, antara lain speed boat, jet sky, dan banana boat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com