Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenakertrans Targetkan 10.000 Keluarga

Kompas.com - 08/06/2011, 20:45 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Tahun 2011, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi mengalokasikan dana Rp 600 miliar untuk program penempatan transmigran di seluruh Indonesia. Dengan anggaran tersebut, ditargetkan 10.000 keluarga bisa ditempatkan di sejumlah daerah.

"Setiap hari, peminat transmigrasi rata-rata mencapai 200.000 keluarga. Namun, tahun ini kami hanya membatasi maksimal 10.000 keluarga," kata Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar, Rabu (8/6/2011), seusai penandatanganan nota kesepakatan bersama bidang transmigrasi dalam lingkup kerja sama antardaerah di Kepatihan, Yogyakarta.

Menurut Muhaimin, program transmigrasi kali ini menitikberatkan pada dua hal, yaitu penyerapan tenaga kerja dan pengembangan kawasan. "Program ini diharapkan tidak hanya memindahkan orang atau penduduk, tetapi memang pemindahan benar-benar sesuai kebutuhan daerah penerima transmigran," ujarnya.

Sebanyak 14 provinsi telah menyatakan dukungan terhadap program transmigrasi 2011. Dari jumlah tersebut, sembilan provinsi di antaranya adalah pengirim transmigran, dan lima provinsi lainnya adalah provinsi penerima transmigran.

Dari sembilan provinsi pengirim transmigran, sebanyak 17 kabupaten/kota berencana mengirimkan transmigran. Sementara itu, tujuh kabupaten/kota di provinsi penerima transmigran siap menerima mereka.

"Melalui mekanisme kerja sama antardaerah, program transmigrasi dirancang berdasarkan kebutuhan dan potensi daerah masing-masing. Kerja sama ini menjadi sarana pengintegrasian kebutuhan serta keinginan daerah asal dan daerah tujuan transmigrasi," kata Muhaimin.

Untuk mendukung program ini, pemerintah daerah, baik kabupaten/kota maupun provinsi, turut mengalokasikan APBD masing-masing. Pembagian APBD mencapai kisaran 15 persen hingga 20 persen dari total biaya program transmigrasi.

Hingga saat ini, sebanyak 14 gubernur dan 24 bupati serta wali kota telah menandatangani nota kesepakatan bersama program transmigrasi 2011. Beberapa provinsi pengirim transmigran, antara lain Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, NTB, NTT, Lampung, Banten, dan Bali. Sementara itu, provinsi penerima transmigran adalah Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, dan Papua Barat.

Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan, program transmigrasi diharapkan memunculkan kesadaran antarpemerintah daerah dan transmigrasi yang bertujuan menyejahterakan semua pihak. Dengan demikian, program transmigrasi nantinya benar-benar menjadi sarana pengembangan kawasan dan kesejahteraan bersama tanpa merugikan salah satu pihak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com