Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tong Sampah Minim, Adipura Melayang

Kompas.com - 06/06/2011, 19:27 WIB

MALANG, KOMPAS.com - Harapan untuk meraih Piala Adipura Kencana kategori kota besar, yang ditungu-tunggu pemerintah Kota Malang, Jawa Timur, hilang. Kegagalan meraih gelar kota besar terbersih tingkat nasional itu, penyebabnya minim tong sampah di rumah-rumah warga kota itu.

Menurut Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Malang, Wasto, Senin (6/6/2011), untuk tahun 2011 ini, kota yang disebut kota pendidikan di Jawa Timur itu, gagal meraih Adipura Kendana.

"Informasinya, Kota Malang gagal meraih Adipura Kencana itu, karena minim ada tong sampah di masing-masing rumah penduduk yang masuk dalam wilayah kriteria penilaian," katanya.

Obyek penilaian itu di antaranya pasar tradisional, terminal, tong sampah, TPA Supit Urang, stasiun KA, kebersihan sungai, dan Tugu Kota Malang.

"Tong sampah itu yang dinilai minim. Itu informasi yang kami ketahui, mengapa Kota Malang gagal meraih Adipura," katanya.

Untuk tahun ini, ungkap Wasto, seleksi penilaian Adipura Kencana, sangat ketat. Poin penilaian sudah dinaikkan. "Untuk tahun 2010, nilainya harus mencapai 71, tahun 2011 harus mencapai 73. Sementara, Kota Malang, tahun ini hanya meraih nilai 72," ucap Wasto.

Kota Malang, masuk nominator kota besar peraih Adipura, setelah berhasil tiga kali meraih penghargaan piala Adipura. Karenanya, berhak menjadi peserta Adipura Kencana.

"Kota yang berhasil meraih Piala Adipura Kencana itu adalah Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, dan Yogyakarta," katanya.

Piala Adipura Kencana dan peraih Piala Adipura kategori kota kecil, akan diserahkan secara langsung oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono pada 7 Juni 2011 di Istana Negara.

Kegagalan Kota Malang itu, kata Wasto, akan menjadi catatan dan akan segera dievaluasi agar tahun depan tak mengalamai kegagalan lagi.

"Kami akan mengevaluasi hasil penilaian tim juri Adipura Kencana itu. Hasil evaluasi itu akan dijadikan sebagai acuan pada penilaian Adipura Kencana 2012 nanti," katanya.

Lebih lanjut Wasto mengatakan, meskipun tidak meraih penghargaan Adipura Kencana, Kota Malang masih berhasil meraih satu penghargaan.

"Monumen Tugu meraih penghargaan sebagai sarana dan prasarana penunjang penilaian Adipura terbaik tingkat nasional. Alhamdulillah masih ada yang diraih, dan itu juga patut dibanggakan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com