Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merpati MA-60 Batal Mendarat di Utarom

Kompas.com - 14/05/2011, 13:43 WIB

KAIMANA, KOMPAS.com — Empat pesawat yang akan mendarat di Bandara Utarom, Kaimana, Papua Barat, Sabtu (14/5/2011), terpaksa tak bisa mendarat tepat waktu akibat cuaca buruk. Bahkan, salah satunya, pesawat Merpati MA-60 tujuan Nabire-Kaimana-Sorong, terpaksa batal mendarat dan kembali ke Nabire.

Kepala Bandara Utarom Gagarin Moniaga mengakui, pesawat Merpati MA-60 tujuan Nabire ke Kaimana seharusnya mendarat sekitar pukul 11.00, tapi batal mendarat akibat cuaca buruk, yakni hujan disertai angin kencang. Pesawat sudah berputar-putar beberapa kali guna memastikan bisa tidaknya mendarat. Namun, karena cuaca buruk dan pilot Merpati tak mau mengulangi kejadian serupa pekan lalu, akhirnya pesawat diterbangkan lagi ke Nabire.

Belum diketahui kapan pesawat Merpati itu akan berangkat kembali ke Kaimana. Sejak pagi, cuaca di Kaimana memang banyak kabut, angin kencang, dan awan gelap.

Selain pesawat Merpati, tiga pesawat dari dua maskapai penerbangan juga terkendala cuaca buruk saat akan mendarat. Dua pesawat Express Air, dari Nabire dan Manokwari, rata-rata terlambat sekitar satu jam. Seharusnya, jadwal kedatangan pesawat Express Air dari Nabire pukul 09.30, tapi masuk ke bandara sekitar pukul 10.30, demikian pula dari Manokwari tiba pukul 11.00 dari jadwalnya pukul 10.00.

Adapun pesawat Wings Air dari Ambon juga terlambat mendarat. Begitu cuaca mulai baik dan setelah menunggu satu jam, semua pesawat berangkat lagi. Terbatasnya fasilitas di Bandara Utarom, atau hampir kebanyakan bandara di wilayah Papua, menyulitkan pendaratan pesawat. Minimnya fasilitas itu antara lain tak adanya lampu landasan yang berfungsi memandu pesawat mendarat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com