Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditemukan, Tubuh Pilot Masih Terikat 'Seatbelt'

Kompas.com - 11/05/2011, 09:59 WIB

KAIMANA, KOMPAS.com — Dua jenazah terakhir korban jatuhnya pesawat Merpati MA-60 di perairan Kaimana, pilot dan kopilot, akhirnya berhasil diangkat tim penyelam, Rabu (11/5/2011). Sementara itu, bangkai kokpit pesawat belum bisa diangkat.

Menurut Kolonel (Marinir) Ibrahim Saddong, staf khusus Basarnas, yang berada di lokasi, jenazah pertama yang diangkat adalah kopilot Paul Nap, sekitar pukul 08.45. Sepuluh menit kemudian, jenazah pilot Purwadi Wahyu dapat dikeluarkan dari dalam kokpit.

Kedua jenazah masih terikat sabuk pengaman di kursinya masing-masing. Para penyelam harus melepaskan dulu sabuk pengaman itu, lalu mendorongnya pelan-pelan keluar dari kokpit. Setelah keluar, dengan sendirinya jasad yang sudah membengkak itu pun mengapung. Tidak sampai 30 menit, jasad sudah bisa dikeluarkan dan diangkat dari dalam kokpit.

"Proses pengangkatan berjalan lebih cepat daripada kemarin karena para penyelam sudah siap dan informasi cara melepaskan ikatan sabuk pengaman di kursi pilot sudah diketahui," kata Ibrahim.

Pengangkatan kedua jenazah dilakukan mulai pukul 08.00 WIT. Ada 10 penyelam yang dibagi menjadi dua tim, yang masing-masing terdiri dari lima orang. Namun, belum sampai pergantian tim, kedua jenazah sudah dapat diangkat. Jenazah lalu dibawa ke Puskesmas Kaimana dan rencananya akan segera diterbangkan ke kota asalnya.

Tugas pokok Basarnas, mengevakuasi korban, tambah Ibrahim, sudah selesai. Namun, ia menunggu apakah pihaknya masih dibutuhkan atau tidak karena bangkai kokpit belum terangkat. Oleh sebab itu, akan ada pembahasan lebih lanjut masalah ini dengan pihak Merpati, Komite Nasional Keselamatan Transportasi, dan tim gabungan penyelam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com