Mereka Terpaksa Menikah di Tahanan

Kompas.com - 11/05/2011, 07:59 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

KEDIRI, KOMPAS.com — Rio Candra Radina (19) terpaksa melangsungkan pernikahannya di Markas Polres Kediri. Pasalnya, warga Desa Mangunrejo, Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri, ini tengah menjadi tahanan karena tersangkut kasus narkoba.

Sementara gadis yang dipersunting adalah Dewi Kurniawati (17), warga Dusun Katang, Desa Sukorejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri. Keduanya melangsungkan pernikahan di ruang jatanras reserse kriminal dengan beralaskan karpet.

Kepala Subbagian Humas Polres Kediri Ajun Komisaris Moh Mansur mengatakan, meskipun seorang tahanan, tersangka juga mempunyai hak untuk menikah. Oleh sebab itu, pihaknya tidak dapat melarang. "Asal tidak keluar mapolres," ujar Mansur, Selasa (10/5/2011).

Mansur mengatakan, tidak ada yang istimewa dalam hal pengamanan. Pihaknya hanya memberlakukan tindak pengamanan sebagaimana halnya pengamanan kepada pelajar yang tengah melangsungkan ujian di tahanan. "Ya mirip ujian di tahanan, kami hanya awasi saja," tegasnya.

Ditemui secara terpisah, Farid Rosyadi, penghulu pernikahan, mengatakan, meskipun dilangsungkan di mapolres, akad nikah tetap berjalan khidmat. "Ya bagaimana lagi, situasinya seperti ini," ujar Farid.

Rio mempersunting pujaan hatinya yang telah dipacarinya selama setahun itu dengan mas kawin berupa seperangkat alat shalat dan uang tunai sebesar Rp 105.000. Rio menjadi tahanan sejak sebulan lalu. Kasusnya hingga kini masih dalam tahap pengembangan oleh penyidik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.