Rp 7,5 Juta untuk Lukisan 25 Menit - Kompas.com

Rp 7,5 Juta untuk Lukisan 25 Menit

Kompas.com - 08/05/2011, 18:43 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com — Sebuah lukisan dekoratif karya seniman asal Banyuwangi, Bambang, langsung dibeli pengunjung dengan harga Rp 7,5 juta dalam Pasar Seni Lukis Indonesia 2011, Minggu (8/5/2011) di Balai Pemuda Surabaya.

Luar biasa, lukisan dengan tema "Bunga" itu dibuatnya hanya dalam waktu 25 menit sehingga pembeli pun membawanya pulang dalam keadaan cat masih basah.

Menurut pemilik galery Udiyana Art Studio, I Gede Putra Udiyana, hal itu menunjukkan bahwa karya yang dibuat seniman saat dia mood memang menghasilkan karya yang maksimal. "Luapan emosi si pelukis tampak sekali pada torehan warna dan ekspresi bunga pada lukisan itu," kata pemilik galery asal Denpasar, Bali, ini.

Menurut dia, inspirasi spontanitas dari seorang seniman lukis harus segera diapresiasikan agar ide segar dalam otak seorang seniman itu menjadi karya yang tidak ternilai.

Event yang digelar dalam memperingati hari jadi ke-718 Kota Surabaya itu diikuti oleh 400 senimal lukis dari sejumlah daerah di Indonesia.

Ketua Pelaksana Pasar Seni Lukis Indonesia (PSLI) 2011 M Anis mengaku tidak menarget transaksi dalam event yang digelar pada 6 hingga 16 Mei tersebut. "Namun, tren nilai transaksi selalu meningkat dari tahun ke tahun. Tahun lalu, panitia mencatat transaksi lebih dari Rp 1,72 miliar, sedangkan pada 2009 hanya sekitar Rp 480 juta," katanya.

Hal itu, antara lain, menyusul berkembangnya pembangunan properti di Surabaya yang membutuhkan banyak lukisan untuk hiasan dinding.

Selain pasar seni lukis, PSLI 2011 juga menampilkan beragam karya seni,  antara lain  Teater Populer, sutradara Slamet Rahardjo, Pembacaan Cerpen AS Laksana, Diskusi Teater bersama Arswendo Atmowiloto dan Eros Djarot, Workshop Seni Rupa dengan Mas Dibyo, Moses Misdi, Chusin Setyadikara dan Chrys Darmawan, serta Pentas Seni Pertunjukan.


EditorGlori K. Wadrianto

Close Ads X