Merpati Buka 4 Rute Makassar

Kompas.com - 06/05/2011, 11:17 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Merpati Nusantara Airlines (Persero) mulai mengoperasikan empat rute terbaru yang menghubungkan dengan Bandara Hasanuddin (Makassar). Diharapkan penumpang di sekitar Sulawesi bakal meningkat hingga 20 persen.

Empat rute di Sulawesi yang disasar maskapai tersebut adalah Makassar-Mamuju (Sulbar), Makassar-Poso (Sulteng), Makassar-Baubau-Kendari (Sultra) dan Makassar-Maumere (NTT). Rute-rute tersebut akan dioperasikan dengan armada terbaru Merpati buatan China, MA-60 dengan kapasitas 50 penumpang.

Direktur Niaga Merpati, Tony Aulia Achmad mengatakan, pembukaan rute tersebut untuk memperkuat penerbangan di seputar Sulawesi Selatan dan sekitarnya itu telah direncanakan jauh hari. Menurutnya, Makassar sebagai kota terbesar di bagian timur Indonesia sangat potensial bagi operasi penerbangan Merpati.

"Kita membuka rute antar provinsi dengan jarak penerbangan kurang dari satu jam. Makassar sebagai pusat perdagangan sangat penting dan kami jadikan hub (pengumpul) layanan penerbangan untuk daerah di sekitarnya," kata Tony di Jakarta, Kamis (5/5/2011).

Selain Sulawesi, jelasnya, Merpati juga akan membuka sejumlah rute dalam waktu dekat ini. "Kita akan membuka rute di Kalimantan bulan depan," jelasnya.

Sementara untuk Pulau Jawa, Tony masih optimis bisa beroperasi di bandara Halim Perdanakusumah. Menurutnya, Kementerian Perhubungan tidak akan menolak permintaan izin beroperasi Merpati. Menurutnya, Merpati akan mengoperasikan bandara Halim Perdanakusumah untuk penerbangan jarak pendek dengan waktu terbang kurang dari satu jam, seperti Jakarta-Cilacap (Jateng), Jakarta-Bandung (Jabar) dan Jakarta-Tanjungkarang (Lampung).

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.