Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Osama Gunakan Istri sebagai Tameng

Kompas.com - 03/05/2011, 11:03 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — Osama bin Laden menggunakan salah seorang istrinya sebagai perisai manusia dalam upaya menyelamatkan nyawanya sendiri ketika diserang pasukan rahasia AS, kata seorang pejabat tinggi AS, Senin (2/5/2011).

"Ada keluarga di kompleks itu dan ada seorang perempuan yang berada dalam rentetan tembakan, yang menurut laporan telah digunakan sebagai perisai untuk melindungi Bin Laden dari tembakan," kata John Brennan, seorang pejabat kontraterorisme AS. "Itu yang saya ketahui," kata Brennan terkait laporan tentang wanita yang ditembak mati Navy SEAL dalam baku tembak di sebuah kompleks di Abbottabad, Pakistan.

Brennan mengatakan, tidak sepenuhnya jelas "apakah Bin Laden sendiri atau putranya atau siapa yang menempatkan perempuan itu di sana atau apakah dia menempatkan dirinya di situ. Dari sebuah perspektif visual, inilah Bin Laden yang telah menyerukan serangan, tinggal di sebuah kompleks bernilai satu juta dollar, tinggal di daerah yang jauh dari medan perang, bersembunyi di balik perempuan yang diletakkan di depan dia sebagai perisai," kata Brennan.

"Saya pikir itu benar-benar mengungkapkan betapa palsunya kisah tentang dia selama bertahun-tahun, dan sekali lagi melihat apa yang Bin Laden lakukan, bersembunyi di sana, sementara ia menempatkan orang-orang lain di luar sana untuk melakukan serangan, lagi-lagi, (ia) hanya berbicara."

Dalam serbuan pasukan khusus AS pada Minggu malam itu, selain perempuan tersebut, Osama bin Laden juga tewas tertembak di kepala. Pejabat senior AS itu mengatakan, dua saudara Osama bin Laden yang diyakini sebagai kurirnya dan salah satu putranya juga tewas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com