Diguncang Gempa, Air Panas Menyembur

Kompas.com - 25/04/2011, 14:05 WIB
EditorA. Wisnubrata

KONAWE SELATAN, KOMPAS.com - Puluhan rumah warga di 13 desa di Kabupaten Konawe Selatan rusak berat akibat guncangan gempa 6,0 Skala Richter yang melanda wilayah itu, Senin (25/4/2011), pagi. Beberapa warga dilaporkan terluka dan ribuan lainnya mengungsi ke perbukitan.

Salah satu desa yang mengalami kerusakan terparah adalah Desa Lakomea, Kecamatan Moramo. Di desa itu, tercatat tujuh bangunan tembok rumah warga roboh akibat gempa. Terdapat pula satu rumah yang hancur tertimpa pohon kelapa yang tumbang. Belum ada laporan korban jiwa dalam kejadian itu, namun setidaknya tiga warga mengalami luka ringan hingga berat.

"Salah satu warga bernama Aco (34), mengalami patah kaki karena tertimpa bangunan tembok rumahnya yang roboh," ujar Syarifuddin, Sekretaris Desa Lakomea di lokasi.

Pascagempa, di desa Lakomea juga muncul delapan semburan air panas bercampur pasir di depan salah satu rumah warga. "Tinggi air sekitar 1,5 meter dan berlangsung sekitar 10 menit," kata Mudin (38), kerabat pemilik rumah.

Sementara itu, ribuan warga lainnya berhamburan ke luar rumah dan lari ke perbukitan sepanjang pesisir Kota Kendari hingga Konawe Selatan. Kebanyakan warga yang mengungsi adalah perempuan dan anak-anak. Mereka khawatir akan gempa susulan dan isu yang berhembus bahwa akan terjadi tsunami.

Hingga tengah hari, beberapa warga terlihat masih siaga di luar rumah dan di perbukitan lengkap dengan barang bawaan masing-masing.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X