Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulat Bulu Ditemukan di 8 Kecamatan

Kompas.com - 11/04/2011, 20:33 WIB

BOJONEGORO, KOMPAS.com - Meskipun jumlahnya tidak sebanyak di Probolinggo, penyebaran ulat bulu di Bojonegoro Jawa Timur ditemukan di delapan kecamatan yakni, Bojonegoro Kota, Dander, Ngraho, Kanor, Purwosari, Bubulan, Gondang, dan Kalitidu. Temuan terbanyak di sekitar kantor Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bojonegoro, sekitar SD Negeri Ngablak Kecamatan Dander, sekitar SMP Negeri Palem Kecamatan Purwosari dan tanaman warga di Kecamatan Ngraho.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro Subekti, Senin (11/4/2011) menjelaskan petugas telah menyemprot ulat itu dengan pestisida untuk mengendalikan hama ulat agar tidak meluas. Pembasmian sudah dilakukan di wilayah Bojonegoro, Dander, Purwosari, dan Ngraho.

"Yang disemprot bukan hanya ulat bulu, tetapi juga ulat lainnya. Meskipun tidak berbahaya, jika populasinya berlebihan kami minta masyarakat segera melapor ke dinas terkait," kata Subekti.

Munculnya ulat bulu, kata Subekti, merupakan fenomena biasa memasuki April hingga Mei karena ulat akan bermetamorfosa. Bahkan Juni dan Juli juga masih terdapat ulat di Bojonegoro, sehingga masyarakat tidak perlu panik. "Ulat bulu muncul setiap tahun. Jenis ulatnya juga berbeda dengan yang di Probolinggo. Ulat di Bojonegoro berwarna hitam dan kepalanya sedikit oranye," katanya.

Sebelumnya serangan ulat bulu mengganggu proses belajar mengajar di SD Negeri Ngablak. Siswa yang terkena ulat gatal-gatal dan terluka karena digaruk. Ulat merambat melalui pohon mangga dan pohon sono keling.  

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com