Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Ohio, Balawan Bertemu Kusuma Sari

Kompas.com - 20/03/2011, 03:32 WIB

BOWLING GREEN, KOMPAS.com — Di College of Musical Arts, Bowling Green State University (BGSU), Ohio, Kamis (17/3/2011) siang waktu setempat, gitaris I Wayan Balawan (37) sempat memberi workshop untuk ensemble gamelan Bali Kusuma Sari, yang dipimpin oleh komposer Doles dan beranggota sejumlah mahasiswa non-Indonesia di BGSU. Balawan ditemani oleh I Nyoman Suarsana dan I Nyoman Suwida, dua pemain gamelan Bali dari Batuan Ethnic Fusion (BEF), grup yang dibentuk oleh Balawan pada 1997 di Batuan (Sukawati, Gianyar, Bali) dan memadukan musik "Barat", terutama jazz, dengan musik etnik Bali.

Dalam workshop tersebut, Balawan, gitaris yang terkenal dengan gitar double neck dan teknik permainan gitar tapping, menerangkan secara ringkas musiknya serta masyarakat dan budaya Bali di mana ia, Suwida, dan Suarsana lahir dan tumbuh. Balawan juga memasang video salah satu konser BEF di Tanah Air untuk memberi gambaran lengkap mengenai musiknya. Maklum, untuk tur musik pertamanya di AS, akhir Februari-akhir Maret 2011, Balawan hanya disertai oleh sebagian kecil dari para personel BEF.

Dalam kesempatan tersebut, para anggota Kusuma Sari juga belajar singkat dari Balawan, Suwida, dan Suarsana untuk memainkan salah satu pola permainan gamelan Bali. Abbie Renae Brinson, salah seorang anggota Kusuma Sari, memuji kecepatan Suwida dan Suarsana berdua memainkan gangsa, salah satu alat musik gamelan Bali. "Tentu saja, saya tidak main dengan cepat. Mereka main sangat cepat," ujar Abbie, yang mengaku menyukai vokalis Lady Gaga.

Foto-foto berikut menggambarkan sebagian suasana workshop itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com