Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gegana Tembak Bungkus Baterai dan Kabel

Kompas.com - 19/03/2011, 10:43 WIB

BANDUNG, KOMPAS — Sebuah bungkusan berukuran 25 cm x 20 cm dengan ketebalan 5 cm ditemukan di Pos Pengatur Lalu Lintas di Simpang Lima, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (19/3/2011).

Setelah dirusak tim Gegana Polda Jabar ternyata bungkusan tersebut hanya barang yang menyerupai bom tanpa ancaman berarti. Menurut Kapolrestabes Bandung Komisaris Besar Jaya Subrianto, bungkusan tersebut ditemukan polisi pengatur lalu lintas pukul 07.00 dan langsung dilaporkan.

Tim Gegana tiba di lokasi pukul 09.00. Setelah empat kali pemeriksaan dengan detektor dan alat lainnya, pukul 09.45, akhirnya diputuskan untuk dirusak dengan cara ditembaki alat khusus.

Hasilnya ternyata bungkusan tersebut tidak memiliki daya ledak apa pun. Dari bungkusan tersebut, tidak terdapat jelaga residu bahan kimia yang biasa dipakai bahan peledak.

Di dalamnya hanya terdapat sembilan batang baterai yang diikat menjadi tiga rangkaian serta beberapa kabel yang sengaja dibuat terlihat menjuntai.

Kepala Detasemen Gegana Polda Jabar Umar Sumardi memastikan bungkusan tersebut tidak berbahaya. Jaya meminta kepada warga Bandung untuk tidak panik dan resah meski sambil mengharap tetap berhati-hati pada barang yang mencurigakan.

Masyarakat diharapkan langsung melapor ke kepolisian bila menemukan bungkusan yang tidak wajar. Suasana di sekitar Simpang Lima tidak lagi terganggu pascakejadian tersebut. Persimpangan yang menghubungkan Jalan Gatot Soebroto dan Jalan Asia Afrika ini kembali ramai oleh mobil yang melintas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com