Banjir Bandang Satu Desa Masih Terisolir

Kompas.com - 17/03/2011, 19:12 WIB
EditorBenny N Joewono

TANGSE, KOMPAS.com - Satu desa yang dilanda banjir bandang di Kecamatan Tangse, Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh, masih terisolasi karena ruas jalan ke tempat itu masih tertimbun longsor.

Berdasarkan pantauan Kamis (17/3/2011), desa yang terisolasi tersebut yakni Gampong (Desa) Blang Pandak. Di gampong itu ada sekitar 3.000 jiwa korban bencana.

Banjir bandang yang melanda sejumlah desa di kawasan pedalaman Kabupaten Pidie, Tangse atau sekitar 170 kilometer, Kota Banda Aceh, terjadi pada Kamis (10/3/2011) malam.

Banjir itu menyebabkan kerusakan berbagai infrastruktur publik dan rumah penduduk. Selain itu, data terakhir menyebutkan korban meninggal dunia banjir tersebut mencapai 12 orang. Kendati terisolasi, korban bencana di gampong itu tidak mengalami krisis makanan.

Distribusi bantuan dibawa dengan berjalan kaki sekitar lima kilometer dari desa terdekat yang bisa dilalui kendaraan bermotor.

Selain itu, pembersihan ruas jalan ke Gampong Blang Pandak menggunakan alat berat juga terhambat.

Alat berat yang dikerahkan tidak bisa beroperasi karena tertimbun longsor di kawasan Rantau Panyang, terpaut beberapa kilometer dari desa terisolir.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Gubernur Aceh Irwandi Yusuf dan sejumlah pejabat ketika meninjau longsor tersebut mengharapkan akses jalan desa terisolir bisa ditembusi kendaraan untuk mengangkut logistik korban banjir bandang.

Gubernur mengatakan, sebelumnya telah dijanjikan ruas jalan tersebut bisa ditembusi. Tapi, karena pekerjaan yang begitu berat dan tanah yang labil menyebabkan kesulitan membersihkan longsor di kawasan itu.

"Jika cuaca dalam beberapa hari ini membaik, maka ruas jalan yang tertutup longsor bisa dibersihkan. Warga tidak perlu khawatir, bantuan tetap dikirim," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.