Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jero Wacik Ikuti Upacara "Melasti" Nyepi

Kompas.com - 02/03/2011, 20:24 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik mengikuti upacara melasti (penyucian diri) di Pura Segara, Cilincing, Jakarta Utara, Rabu (2/3/2011) malam. Jero Wacik datang dengan mobil dinas RI 34 bersama keluarga.

Upacara melasti merupakan ritual penyucian diri menjelang hari raya Nyepi Tahun Baru Saka 1933 yang jatuh pada Sabtu (5/3/2011). Upacara ini diikuti semua umat Hindu di wilayah DKI Jakarta. Sekitar 2.000 umat Hindu mengikuti upacara dengan khusyuk.

"Saya sangat senang dan bangga melihat antusiasme umat Hindu mengikuti upacara melasti ini. Ini sebagai wujud bakti umat Hindu kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa (Tuhan Yang Maha Esa)," ujar Jero Wacik saat membawakan dharma wacana (bimbingan rohani).

Setelah melakukan penyucian diri, umat Hindu di Jakarta melanjutkan upacara tawur kesanga (pembersihan diri dan ibu pertiwi) yang dipusatkan di Tugu Silang Monas, Jumat (4/3/2011). Upacara juga diisi dengan festival ogoh-ogoh yang merepresentasikan raksasa (butha kala). Ogoh-ogoh kemudian dibakar sebagai wujud pengusiran bala (petaka).

Esoknya umat Hindu melaksanakan hari raya Nyepi dengan melakukan Empat Brata Penyepian, yaitu tidak boleh makan, bepergian, bekerja, dan menyalakan api. (Komang Agus R)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com