Harga Minyak Mentah Tembus 100 Dollar AS

Kompas.com - 02/03/2011, 11:26 WIB
EditorErlangga Djumena

SINGAPURA, KOMPAS.com — Harga minyak di pasar Asia, Rabu (2/3), kembali berada di atas 100 dollar AS seiring kekhawatiran pasar terhadap terus berlanjutnya ketegangan di Timur Tengah.

Harga minyak Kontrak New York untuk pengiriman April, yang dikenal sebagai West Texas Intermediate (WTI), naik 59 sen menjadi 100,22 dollar AS per barrel.

Adapun minyak mentah jenis Brent North Sea untuk pengiriman April naik 58 sen menjadi 116,00 dollar AS per barrel.

”Jelas semua orang prihatin terhadap ketegangan Timur Tengah dan Afrika Utara,” kata John Vautrain, Vice President Purvin and Gertz di Singapura.  Ia mengatakan para investor khawatir kerusuhan yang melanda negara-negara penghasil minyak itu akan menganggu pasokan minyak dunia.

Melonjaknya harga minyak memicu kekhawatiran terhadap kenaikan inflasi yang dapat memperlambat pertumbuhan ekonomi. ”Pasar khawatir naiknya harga minyak akan meningkatkan inflasi dan memukul pertumbuhan ekonomi di Asia,” kata lembaga riset Capital Economics dalam komentar pasar.

Disebutkan, meski Korea dan Taiwan merupakan negara pengimpor minyak terbesar di Asia, tetapi India dan Thailand tampaknya akan menjadi negara yang paling terimbas bila harga minyak tetap pada level seperti ini.

”Risiko meningkatnya inflasi membuat pengetatan kebijakan yang agresif di India dan Indonesia dimana inflasi tinggi sudah tidak tinggi,” tambahnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Harga emas hitam ini terus melonjak seiring dengan ketegangan yang melanda kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara. Krisis di kawasan negara-negara Maghribi itu dimulai dengan jatuhnya Presiden Tunisa Januari lalu akibat aksi rakyatnya. Kemudian diikuti kejatuhan Presiden Mesir Hosni Mubarak pada Februari.

Peristiwa itu memicu aksi-aksi serupa untuk menurunkan para pemimpin kawasan tersebut,  seperti yang terjadi saat ini di Libya yang menginginkan Moammar Khadafy lengser dari jabatan yang telah dikuasainya selama 41 tahun.

--------------------------------------------------------------------------

Baca juga : Emas Mahal, Dollar Lunglai

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.