Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lift Ini Bau Pesing dan Banyak Sampah

Kompas.com - 19/02/2011, 10:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Jembatan penyebrangan orang (JPO) di Halte Sarinah, Jakarta Pusat, terdapat tiga lift yang kini dianggurkan tidak beroperasi. Karena lemahnya pengawasan, lift itu pun akhirnya "dimodifikasi" menjadi WC umum dan tempat membuang sampah.

Timbunan sampah tampak menjadi pemandangan sehari-hari yang lazim ditemui. Tidak ada petugas yang berusaha membersihkannya. Kesan kumuh begitu kuat dirasakan di sudut lift yang tak terpakai tersebut. Setiap kali warga yang melintas pun harus menutup hidungnya karena bau sampah yang tidak sedap bercampur bau pesing akibat banyak yang memanfaatkannya untuk membuang air kecil.

"Jorok sekali memang kalau tiap lewat jembatan itu pasti bau banget," ucap Widya (26), Jumat (18/2/2011), saat melintas di jembatan Sarinah, Jakarta.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Perhubungan DKI, Udar Pristono, mengatakan, pihaknya akan segera menutup tiga lift di JPO Halte Sarinah tersebut. "Ya jelas harus ditutup, kan tak mungkin petugas Dishub DKI ditempatkan cuma untuk jaga lift supaya nggak dikencingi," ujar Pristono, Sabtu (19/2/2011), di Jakarta.

Dia menjelaskan, pada intinya adalah pola tingkah laku masyarakat yang harus berubah dan terbiasa akan budaya bersih. "Kalau memang masyarakatnya memiliki kesadaran yang cukup tinggi, mana mungkin lift itu dibuat tempat buang hajat. Jangan jembatan penyeberangan, di taman aja nggak boleh kan," kata Pristono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com