Polisi Kuasai Jalan Sudirman, Temanggung

Kompas.com - 08/02/2011, 11:50 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

TEMANGGUNG, KOMPAS.com — Pasukan polisi melakukan penyisiran di sepanjang Jalan Sudirman, Temanggung, Selasa (8/2/2011). Penyisiran dilakukan ke arah kota karena diperkirakan massa tersebar dan berkelompok kecil bersembuyi di permukiman warga.

Sebagian pasukan tetap ditinggal mengamankan gedung pengadilan yang porak poranda bagian lobinya. Aroma gas air mata sangat kuat tercium di area kantor. Garda depan penyisiran dilakukan pasukan Brimob bersenjata senapan gas air mata dan senapan laras panjang SS-1. Dua mobil kendaraan taktis dan penyemprot air menyertai penyisiran ini.

Sekitar pukul 10.20, ratusan personel Brigade Mobil berhasil memaksa massa mundur hingga tercerai-berai. Massa kocar-kacir ketakutan menyebar ke segala arah. Tidak terlihat massa dalam jumlah yang siap tempur melawan polisi.

Saat ini polisi sudah berhasil menguasai Jalan Sudirman. Pasukan polisi saat ini berkonsolidasi di jalan guna membersihkan massa dari jalan protokol Temanggung.

Area gedung PN Temanggung sudah dibebaskan dari massa. Saat ini kendali ada di tangan polisi. Belum diketahui dampak kerusuhan di pengadilan ini ke arah pusat kota dan pusat bisnis Temanggung

Perkara penistaan agama dengan terdakwa Antonius Richmond Bawengan (58) terjadi pada 3 Oktober 2010. Ketika itu Bawengan menginap di tempat saudaranya di Dusun Kenalan, Desa/Kecamatan Kranggan, Temanggung.

Sedianya ia hanya semalam di tempat itu untuk melanjutkan pergi ke Magelang. Namun, waktu sehari tersebut digunakan untuk membagikan buku dan selebaran berisi tulisan yang dianggap menghina. Karena itu, sejak 26 Oktober 2010 ia ditahan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.