Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampanye Pemilukada Balikpapan Dimulai

Kompas.com - 07/02/2011, 12:10 WIB

BALIKPAPAN, KOMPAS.com - Mengawali masa kampanye yang akan berlangsung dua pekan ke depan, Senin (7/2/2011), empat pasangan calon kepala daerah Kota Balikpapan, menyampaikan visi misi dan program mereka, di Balikpapan Sport and Convention Centre.

Empat pasangan berdasarkan nomor urut ini, ialah, Bambang Edyono-Fahruddin, Syukri Wahid-Usman Chusaini, Abdul Hakim-Wahidah, Rizal Effendi-Heru Bambang. Penyampaian visi misi ini dipaparkan dalam rapat paripurna istimewa DPRD Kota Balikpapan.

Secara garis besar, keempat pasangan calon berpandangan kesejahteraan rakyat harus lebih baik dan investor makin berdatangan. Namun, di balik gemerlap Balikpapan, kota minyak ini, tetap ada sebagian masyarakat yang kurang sejahtera dan miskin.

Bambang antara lain menyampaikan pentingnya penyediaan listrik yang memadai. Juga revitalisasi pasar tradisional yang makin tergerus mal dan supermarket. Kemudian, perlunya penyediaan sarana rumah yang terjangkau bagi penduduk kurang mampu.

Sementara Syukri menegaskan Balikpapan punya setumpuk masalah misalnya infrastuktur yang minim, potensi pengangguran, dan banjir. Pembangunan dan pemerataan anggaran pemerintah belum merata. Perizinan satu pintu yang tidak rumit, juga dijanjikan.

Abdul Hakim mengutarakan, penataan kota yang bersih, indah, aman, dan nyaman, terus dilanjutkan. Ia menyorot juga tentang anak muda bukan masalah sepele, karena hal yang mencemaskan sudah mengintai, misalnya perilaku seks bebas, narkoba, dan miras. Ketua ketua RT harus diberdayakan, tapi juga diperhatikan.

Calon keempat yang saat ini Wawalikota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan, warga kota harus menjadi tuan di kotanya sendiri. Selain itu ia akan menjalankan pemerintahan yang bersih, dan penegakan hukum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com