Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Serbu Jasa Penukaran Uang Keliling

Kompas.com - 02/02/2011, 07:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk memudahkan proses transaksi antara pedagang dengan para konsumen, Bank Indonesia (BI) menyediakan jasa penukaran uang pecahan di sejumlah pusat perbelanjaan di Ibu Kota.

Uang pecahan yang disediakan antara lain, mulai dari pecahan Rp 1.000, Rp 2.000, Rp 5.000, Rp 10.000, dan Rp 20.000. Salah satu pusat perbelanjaan yang terdapat jasa penukaran uang yang disediakan BI itu antara lain terdapat di Blok M Square, Kebayoranbaru, Jakarta Selatan.

Sundari (45), salah seorang pedagang kain di lantai II, Blok M Square mengatakan, keberadaan jasa penukaran uang keliling membuat ia dan para pedagang lainnya merasa terbantu. Sebab, selama ini dirinya merasa kesulitan saat membutuhkan uang pecahan saat bertransaksi dengan konsumen.

“Keberadaan jasa penukaran uang keliling jelas sangat membantu kami,” ujar Sundari saat menyambangi kendaraan jasa penukaran uang keliling, Selasa (1/2/2011).

Diungkapkan Sundari, biasanya ia menukarkan uang pecahan Rp 1.000, Rp 2.000, Rp 5.000, Rp 10.000 dan Rp 20.000. “Kalau menukar di bank biasanya tidak boleh dalam jumlah banyak. Tapi kalau di sini bisa banyak,” kata Sundari.

Sementara itu, Ozi, salah seorang petugas jasa penukaran uang pecahan menyatakan, kawasan Blok M memang dijadikan salah satu tempat penukaran uang keliling. Biasanya, lanjut Ozi, pihaknya membuka layanan setiap hari Selasa sejak pukul 10.00 hingga selesai.

“Di Jakarta Selatan, kawasan Blok M memang paling banyak diminati,” tutur Ozi.

Dijelaskan Ozi, masyarakat bisa menukarkan uangnya tanpa harus dibatasi jumlahnya. Hanya saja, hal itu harus disesuaikan dengan antrian yang terjadi saat berlangsungnya penukaran uang.

“Sebetulnya kami tidak membatasi jumlah uang yang akan ditukarkan. Namun, semua itu tergantung dengan situasi di lapangan,” kata Ozi.

Selain uang kertas, ditambahkan Ozi, pihaknya juga menyediakan jasa penukaran uang logam seperti pecahan Rp 100, Rp 200, Rp 500, dan Rp 1.000. Jasa penukaran uang keliling juga bisa ditemui di sejumlah pusat perbelanjaan lain di ibu kota seperti Pasar Senen, Pasar Tanah Abang, Pasar Glodok, ITC Mangga Dua, Pasar Asemka dan lain sebagainya.

“Setiap harinya ada lima mobil yang keliling menyambangi lokasi pusat perbelanjaan dan tempat umum lainnya menyediakan jasa penukaran uang,” tandasnya.

Sementara itu, keberadaan jasa penukaran uang itu sangat disambut antusias masyarakat. Bahkan, meski stok uang penukaran telah habis, masih banyak masyarakat yang tetap mengantri ingin menukarkan uangnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com