7 Hektar Tanah Kas Desa Disikat Lahar

Kompas.com - 27/01/2011, 20:50 WIB
EditorBenny N Joewono

SLEMAN, KOMPAS.com — Banjir lahar dingin Merapi yang melalui aliran Sungai Progo mengakibatkan sekitar 7 hektar tanah kas Desa Sendangagung, Kecamatan Minggir, Kabupaten Sleman, hanyut dan tidak berbekas.

"Selain menghanyutkan sekitar 7 hektar tanah kas desa, banjir lahar dingin yang beberapa kali terjadi di aliran Sungai Progo saat ini juga mengancam sekitar 20 rumah warga yang berada di tepi sungai," kata Kepala Desa Sendangagung Hadjid Badawi, Kamis (27/1/2011).

Saat ini, jika terjadi banjir di aliran Sungai Progo, dapat dipastikan pekarangan milik 20 keluarga dan lima rumah warga terendam.

"Namun, jika bajir ini akan terus terjadi dan dalam waktu yang lama, 15 rumah juga terancam. Jadi, ada 20 rumah yang saat ini terancam saat banjir lahar dingin," katanya.

Akibat beberapa kali diterjang banjir lahar dingin tersebut, pemerintah desa mengalami kerugian lebih dari Rp 7 miliar.

"Kerugian tersebut meliputi lahan pertanian padi. Ada juga sekitar 20 hektar lahan lombok yang rusak dan terendam material banjir lahar dingin. Kemudian, fondasi penyangga Jembatan Kebonagung II sepanjang 50 meter dengan lebar 10 meter juga sudah jebol. Fondasi itu segera diperbaiki. Kalau tidak diperbaiki, jembatan itu bisa ambrol," katanya.

Kepala Dinas Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan Kabupaten Sleman Slamet Riyadi Martoyo mengatakan, saat ini belum ada ganti rugi untuk tanaman yang rusak akibat banjir lahar dingin.

"Namun, jika hanya bantuan bibit dan pupuk, dinas akan memberikan dengan catatan lahan pertanian itu sudah tidak ada material. Tapi, kalau ganti rugi, tidak ada," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.