Batan Ukur Kadar Radioaktif "Jejak UFO"

Kompas.com - 25/01/2011, 13:24 WIB
EditorTri Wahono

SLEMAN, KOMPAS.com - Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) Yogyakarta akhirnya menerjunkan ahlinya untuk meneliti kemungkinan area crop circle di Berbah, Sleman. Tim ke lokasi sejak Selasa (25/1/2011) siang. Tim yang beranggotakan M Yasid dan I Gede Sutresna itu akan meneliti tingkat kandungan radiasi partikel gamma, beta, dan alfa.

Menurut M Yasid, pihaknya akan mengukur kandungan udara di lokasi dan mengambil sampel tanah dan tanaman padi. Pihaknya akan meneliti apakah kandungan ketiga partikel tersebut aman atau tidak bagi pengunjung yang berada di tengah lokasi.

"Kalau radiasi partikel gamma bisa langsung tahu hasilnya tetapi untuk partikel beta dan alfa harus melalui penelitian laboratorium," katanya.

Hasil penelitian tingkat radioaktif ini akan di selesai diteliti sekitar sehari. "Mungkin hasil penelitian kandungan partikel beta dan alfa sudah bisa diketahui sore nanti atau besok pagi," jelasnya.

Sementara untuk hasil pengukuran radiasi partikel gamma di lokasi crop circle kandungannya normal. "Tidak ada anomali partikel gamma," jelasnya.

Nantinya, kalau hasilnya sudah diketahui kita bisa memutuskan apakah lokasi ini aman atau tidak bagi pengunjung.(Tribun Jogja/Hari Susmayanti)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.