Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Batan Ukur Kadar Radioaktif "Jejak UFO"

Kompas.com - 25/01/2011, 13:24 WIB

SLEMAN, KOMPAS.com - Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) Yogyakarta akhirnya menerjunkan ahlinya untuk meneliti kemungkinan area crop circle di Berbah, Sleman. Tim ke lokasi sejak Selasa (25/1/2011) siang. Tim yang beranggotakan M Yasid dan I Gede Sutresna itu akan meneliti tingkat kandungan radiasi partikel gamma, beta, dan alfa.

Menurut M Yasid, pihaknya akan mengukur kandungan udara di lokasi dan mengambil sampel tanah dan tanaman padi. Pihaknya akan meneliti apakah kandungan ketiga partikel tersebut aman atau tidak bagi pengunjung yang berada di tengah lokasi.

"Kalau radiasi partikel gamma bisa langsung tahu hasilnya tetapi untuk partikel beta dan alfa harus melalui penelitian laboratorium," katanya.

Hasil penelitian tingkat radioaktif ini akan di selesai diteliti sekitar sehari. "Mungkin hasil penelitian kandungan partikel beta dan alfa sudah bisa diketahui sore nanti atau besok pagi," jelasnya.

Sementara untuk hasil pengukuran radiasi partikel gamma di lokasi crop circle kandungannya normal. "Tidak ada anomali partikel gamma," jelasnya.

Nantinya, kalau hasilnya sudah diketahui kita bisa memutuskan apakah lokasi ini aman atau tidak bagi pengunjung.(Tribun Jogja/Hari Susmayanti)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com