Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sapi Korban Merapi Akan Dibagikan Kembali

Kompas.com - 29/12/2010, 10:01 WIB

magelang, kompas - Sebanyak 150 ekor sapi yang dibeli dari warga korban letusan Gunung Merapi di wilayah Kabupaten Magelang akan dibagikan kembali kepada warga Magelang yang terkena dampak letusan. Sapi-sapi tersebut akan dibagikan bukan saja untuk warga di sekitar Merapi, tetapi juga untuk warga Magelang di luar lereng Merapi namun juga terkena dampak letusan.

”Keputusannya memang untuk dibagikan kembali. Namun, sampai saat ini kami masih menunggu petunjuk teknisnya,” kata Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Magelang Tri Agung, Selasa (28/12). Ratusan ekor sapi tersebut ditampung di kandang ternak Kecamatan Borobudur hampir sebulan terakhir.

Ketua Asosiasi Peternak Sapi Magelang Mukhlisin mengatakan, semestinya prioritas pembagian sapi adalah untuk warga di lereng Merapi. ”Warga di lereng Merapi kini tak mempunyai modal lagi untuk menggarap lahan. Meski sudah menjual sapi-sapinya, uang mereka habis untuk hidup sejak terkena dampak letusan,” kata Mukhlisin.

Sapi-sapi tersebut sangat berguna bagi warga sekitar Merapi untuk menggarap lahan. Terlebih saat ini mereka harus segera menanam agar dapat mencukupi kebutuhan hidup untuk beberapa bulan ke depan.

Hal senada disampaikan Kepala Desa Argomulyo, Kecamatan Dukun, Magelang, Yatin. Menurut dia, akibat letusan Merapi, lahan-lahan warga di lereng Merapi mengeras karena tertutup material letusan hingga 20 sentimeter. Warga kesulitan mengolah kembali lahan yang tertutup material vulkanik tersebut karena sangat tebal dan keras.

Di Kota Semarang, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Jawa Tengah Sujarwanto mengungkapkan, ada kemungkinan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah yang mendapat pinjaman lunak dari pemerintah dan menjadi korban erupsi Merapi akan mendapat ”pemutihan”. Sedangkan kredit usaha para korban dengan perbankan akan dire- strukturisasi. Hal itu merupakan hasil dari koordinasi dengan pemerintah pusat beberapa waktu lalu.

Saat ini pemprov tengah mendata jumlah pelaku usaha yang menjadi korban. Data sementara, 66 unit koperasi dan 39.000 pelaku UMKM yang tersebar di Kabupaten Magelang, Klaten, dan Boyolali menjadi korban erupsi Merapi. (HAN/UTI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com